9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui

Diposting pada

Wisata Sejarah di Malang - travelloratour

Wisata Bersejarah di Malang – Sejarah merupakan sesuatu yang wajib di pelajari. Hanya sedikit orang yang tahu jika Malang menyimpan banyak wisata sejarah yang seharusnya menjadi daya tarik wisata selama liburan. Selama ini Malang kunjungan wisatawan pada wisata alam yang menyajikan keindahan alam Malang. Objek wisata yang lebih baik yang bisa dikunjungi yaitu wisata sejarah Malang yang memiliki daya tarik tersendiri.

Wisata Bersejarah di Malang

Jika kita mendengar kota Malang yang terkenal dengan pantai Balekambang, Coban Rais, Museum Angkut dan secret zoo. Ternyata kota malang memiliki wisata sejarah yang dapat kamu coba untuk menjelajahi sebagai objek wisata alternatif selama liburan. Wisata sejarah di Malang akan mengajarkan banyak tentang sejarah Malang. Berikut ulasanya!!

1. Candi Jago

Wisata Sejarah di Malang
Sumber: pinterest

Wisata sejarah Candi Jago berada di wilayah Tumpang. Sekitar 22 kilometer jarak tempuh dari kota Malang. Karena lokasinya berada di Tumpang, jadi banyak orang menyebut jika tempat ini adalah Candi tumpang tindih. Namun, sebagian besar penduduk setempat menyebutnya sebagai kubah.

Dalam nama Candi Jago sendiri memiliki makna keagungan. Memilki dari kata jajaghu. Panel relief pada Candi Jago sangat terlihat rapi, mulai dari bawah hingga dinding bagian atas.

Dan dapat dikatakan bahwa tidak ada ruang kosong hal ini di karenakan dari semua diisi telah memiliki hiasan dengan jalinan cerita tentang perpisahan. Dan karena itu, banyak yang mengatakan bahwa candi ini mengandung ajaran Hindu dan Buddha.

Baca Juga  Kuliner Legendaris di Malang yang Wajib di Coba

2. Singosari

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 1
Sumber: blogspot

Singosari sendiri merupakan salah satu tujuan wisata sejarah di Malang, yang merupakan salah satu peninggalan kerajaan Singosari. Bentuknya cukup unik. Singosari memiliki dua lantai bangunan dan memiliki hiasan di tetapi tidak rata. Namun, candi ini Singosari mempunyai hiasan yang tidak sama rata.

Candi Singosari sendiri berada di Singosari, sekitara 9 km dari Malang ke arah Surabaya. Ada sebagian orang yang mengatakan jik bahwa a ini merupakan Candi Menara karena candi ini mempunyai ukuran yang paling itnggi pada masanya. Dan setidaknya dibandingkan dengan candi lain. Hingga saat ini Candi Singosari masih utuh.

3. Candi Jawar Ombo

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 2
sumber: cdns.klimg

Candi Jawar Ombosendiri merupakan bangunan peninggalan Hindu Budha yang ditemukan dalam keadaan terkubur di dalam tanah pada tahun 1983. Dan penduduk lokal sering menyebutkan Candi Jawar Ombo. Candi ini terletak di Malang. Candi ini mempunyai empat umpakan jenis batu yang memiliki lubang di tengah. Dan kaki bentuk pelipi dengan setengah lingkaran dengan bentuk persegi panjang.

4. Candi Sumberawan

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 3
sumber: travelingyuk

Candi Sumberawan merupakan salah satu yang memiliki kaki, dengan badan dan kepala yang berbentuk kerucut. Candi ini sendiri tidak memiliki tangga dan relief yang mengacu pada bagian dari dewa dan tokoh suci. Sehingga sering disebut salah satu bentuk stupa yang melambangkan keberhasilan untuk menuju nirwana.

5. Pertirtaan Watu Gede

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 4
sumber: cdns.klimg

Jika kamu ingin melakukan wisata sejarah di Malang yang sangat berbeda, kunjungi Petirtaan Watu Gede. Merupakan tempat pemandian kuno yang memiliki bentuk persegi panjang dengan batu bata tua di tepi yang memiliki ukuran sangat besar. Dan masih utuh saat ini, yang memiliki fungsi sebagai dinding kolam.

Menurut sejarah, Petirtaan ini adalah tempat pemandian yang digunakan oleh raja dan putri kerajaan Singosari. Dan ada juga aliran yang sangat jernih. Air yang keluar tidak pernah berhenti dan selalu mengalir. Selain wisata sejarah di Malang, kamu juga dapat menikmati pemandian air dingin.

Baca Juga  Wisata Edukasi di Malang Jadikan Anak-anak Tambah Pintar

6. Museum Brawijaya

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 5
sumber: gomuslim

Museum Brawijaya Salah satu wisata sejarah dan pendidikan yang ada di pusat kota Malang yang memegang berbagai peninggalan sejarah. Sebagai salah satu museum kemerdekaan Indonesia, museum berisi banyak benda-benda bernilai sejarah. museum Brawijaya terletak di pusat kota yaitu di Jl Ijen Boulevard, yang juga merupakan warisan budaya di Malang.

Untuk mengunjungi semua benda-benda bersejarah di kamu hanya membayar 3000 / tanpa biaya pada hari minggu dan akhir pekan.

7. Pemandian Ken Dedes

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 6
sumber: ngalam.co

Masih membicarakan dengan kerjaan Singosari, Pemandian Ken Dedes juga merupakan peninggalan kerajaan. Dianggap pemandian ratu dan putri kerjaan Singosari, pemandian tersebut masih mempertahankan keindahannya sampai sekarang. Kebanyakan mitos seputar monumen bersejarah di Malang pada itu, katanya bisa hidup lebih muda jika mandi di pemandian Ken Dedes Queen.

Pemandian ken dedes terletak di Candirenggo desa, kecamatan Singosari hanya sekitar 1 kilometer dari Singosari.

8. Kelenteng Eng An Kiong

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 7
sumber: cdns.klimg

Malang juga memiliki situs budaya dari masyarakat Cina yang merupakan perkembangan masyarakat Tionghoa di kota ini. Sebuah bangunan tua Kelenteng Eng An Kiong, dibangun pada tahun 1800 menjadi pusat komunitas Cina di Malang. Sampai saat ini klenteng Kelenteng Eng An Kiong masih tetap di gunakan umat Kong Hu Cu sebagai tempat persembahyangan.

Kelenteng Eng An Kiong Terletak di Jalan Martadinata R.e 1 Malang, candi ini tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga wisata sejarah di Malang. Bangunan khas memiliki daya tarik dan warna merah mendominasi seluruh ruangan di klenteng ini.

9. Museum Omah Munir

9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui 8
sumber: ngalam.co

Kasus Munir mulai mencuat dan telah menjadi fenomenal saat pejuang HAM ini meninggal, dengan pesawat yang di gunakan untuk menuju ke Amsterdam. Omah Munir adalah saksi sejarah sebagai pejuang HAM Munir. Museum ini didirikan pada 2013, adalah rumah dari Munir dan keluarganya berada di batu pada saat itu.

Baca Juga  12 Wisata Bukit di Malang dengan Pemandangan Indah

Saat ini rumah Munir berubah menjadi sebuah museum yang berisi benda-benda yang mengingatkan publik tentang Munir. Museum ini didirikan di samping mengenang Munir sebagai pejuang Hak Asasi Manusia di Malang. Terletak di Jl Sultan Hasan Halin, desa sisir, Batu dan sekitar 1 kilometer dari alun-alun kota batu. Untuk masuk ke museum ini gratis. Pengelolahannya di bawah kepemimpinan pemerintah di Jawa Timur, walaupuni ini merupakan museum negara.

Gambar Gravatar
Wisatagaul.com memberikan ulasan terupdate seputar dunia wisata dan destinasi traveling paling keren di Indonesia dan Dunia. Temukan destinasi wisata idamanmu disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *