Rekomendasi: Wisata Gratis di Malang untuk Liburan

Diposting pada
Wisata Gratis di Malang
Sumber: tribunnews.com

Wisata Gratis di Malang – Bukan rahasia lagi jika Malang merupakan gudangnya parawisata. Dalam sebulan, mungkin waktu kamu tidak akan cukup untuk mengunjungi semua tempat di kota yang terbilang dingin ini. Jika beberapa tempat mengenakan harga tiket yang bervariasi, ada yang murah, ada juga yang ratusan ribu. Tidak ada pilihan, kamu bisa sesuaikan dengan isi dompet kamu.

Tapi jika kamu sama sekali tidak memiliki dana atau memiliki keuangan yang pas – pasan, ini beberapa tempat wisata gratis di Malang yang dapat kamu kunjungi untuk liburan atau menghilangkan penat saat bekerja. Berikut ulasanya!!

Berikut daftar wisata gratis di malang yang wajib kamu kunjungi.

Wisata Gratis di Malang

1. Alun-Alun Kota Malang

Wisata Gratis di Malang
Sumber: dolandolen

Terletak di pusat kota Malang, tepatnya di Jalan Merdeka Malang. Saat ini, Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman. Tempat ini sangat cocok untuk kamu Selfie dengan pandangan dari pohon-pohon dan bunga yang benar-benar cocok di buat Background.

Memiliki pentaan yang indah serta terdapat air mancur warna-warni yang luar biasa indah jika dilihat saat malam hari. Selain itu, tempat ini termasuk tempat yang tertib sehingga tidak yang berjualan makanan liar  karena telah diawasi oleh petugas untuk Alun-Alun Kota Malang ini.

Baca Juga  9 Wisata Sejarah di Malang yang Wajib di Ketahui

2. Taman Balaikota Malang

Wisata Gratis di Malang
Sumber: viva

Taman Balai Kota Mlang atau disebut Alun-Alun Tugu Balaikota Malang ini berada di Jalan Tugu Malang Tugu No 1. Ini sama dengan alun-alun kota Malang, Taman Balai Kota juga memiliki penataan bagus. Ada juga lampu air mancur indah di malam hari.

Selain berbagai bunga yang ditanam di taman, sejumlah besar banyak bunga teratai yang mengelilingi taman ini. Tidak heran jika banyak wisatawan lokal dan asing yang ingin berselfie di tempat ini.

3. Taman Trunojoyo

Rekomendasi: Wisata Gratis di Malang untuk Liburan 1
Sumber: triadvisor

Taman Trunojoyo biasa disebut sebagai Taman Depan Stasiun Kota Baru. Banyak pohon yang rindang membuat pengunjung betah berada d wilayan ini. Bagi yang membawa anak-anak, taman ini dilengkapi dengan wahana permainan anak. Untuk alamat berada di Jl. Trunojoyo, Klojen, Malang.

4. Pantai Kondang Merak

Rekomendasi: Wisata Gratis di Malang untuk Liburan 2
sumber: pegipegi

Pantai Kondang Merak mungkin banyak orang tidak mengetahui atau bahkan mendengar nama pantai yang indah di selatan Malang. Kota Malang sebagai produsen apel terbaik di Indonesia, tidak hanya memiliki kebun apel saja, tetapi memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi termasuk pantai Kondang Merak.

Memiliki jarak sekitar 60 kilometer dari Malang bisa kamu jadikan alternatif liburan bersama keluarga dan teman-teman. Pantai Kondang Merak adalah salah satu pantai yang terkenal dari Malang yang memiliki arus atau gelombang laut yang lambat dan tidak terlau kencang.  Tempat ini berada di Desa Sumberbening Kec Bantur, Kab Malang Jawa Timur.

Tempat ini memiliki daya tarik yang tersembunyi, membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan. Jika kamu mengunjungi pantai ini, kamu akan menyaksikan pemandangan indah di pasir pantai yang berwarna putih dan memiliki garis pantai yang membentang sekitar 800 meter, disertai dengan beberapa batu karang hingga terumbu karang di sekitar pantai.

Baca Juga  Traveller Wajib Tahu: Wisata Pantai Tersembunyi di Malang

5. Pantai Clungup

Rekomendasi: Wisata Gratis di Malang untuk Liburan 3
sumber: mbalkrak

Pantai Clungup, Selain Sendang Biru, Balaikambang serta Kondang Merak di Malang masih banyak wisata pantai yang bisa kamu kunjungi saat liburan bersama keluarga atau teman-teman. Ketika kita berbicara tentang wisata alam di Malang saja, ini tidak ada habisnya. mulai dari air terjun, pegunungan hingga area pantai cukup populer di kalangan wisatawan lokal.

Salah satunya wisata pantai Selatan Malang adalah Pantai Clungup yang berada di area Sendang Biru Tambakrejo, Sumbermanjing Kabupaten dan berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Malang. Pantai ini baru terkenal pada tahun 2017 dan semakin dikenal karena keindahannya banyak wisatawan menuliki pantai ini dengan Raja Ampatnya Malang.

Meskipun dikatakan seindah Raja Ampat di Papua, namun nama pantai Clungup ini sendiri masih kurang dikenal dari wisata pantai lainnya seperti Sendang Biru dan Balaikambang. Hal ini terbukti dengan sepinya pengunjung yang datang ke pantai ini.

Tetapi suasana tenang itulah yang menciptakan sensasi yang menyenangkan sendiri daripada harus berdesak-desakan di tempat-tempat ramai di wisata alam lainnya.

Memiliki pasir putih dan sedikit kuning serta pasir putih yang super halus. Ditambah dengan arus air laut tidak terlalu deras karena terhalang oleh pulau-pulau dan batu besar serta ditumbuhi pohon-pohon dan tanaman yang subur.

Pantai ini telah dihiasi dengan pulau-pulau dan tebing batu besar yang menjadikan pemandangan pantai Clungup hampir mirip menyerupai keindahan Raja Ampat di Papua.

6. Candi Kidal

Rekomendasi: Wisata Gratis di Malang untuk Liburan 4
sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Di antara banyak kuil di kota Malang Candi Kidal juga merupakan salah satu candi yang menjadi peninggalan kerajaan Singosari. Candi ini adalah candi yang juga corak Hindu dan Budha dan dibangun pada abad ke-12 sebagai bentuk penghirmatan Anuspati raja yang memimpin selama dua dekade antara 1227-1248 tahun.

Baca Juga  Kuliner Legendaris di Malang yang Wajib di Coba

Candi ini termasuk candi ini yang jarang dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota Malang, yaitu 20 km. Berada di Desa Rejokidal Kec Tumpang.

7. Candi Jago

Rekomendasi: Wisata Gratis di Malang untuk Liburan 5
sumber: malangkab.go.id

Selain Candi Kidal, ada juga candi-candi lain yang terletak di Kec tumpang yaitu Candi Jago. Candi ini juga merupakan peningglan oleh kerajaan Singosari yang dibangun pada abad ke-13. Banyak juga ya peninggalan dari Kerajaan Singosari Malang.

Candi Jago memiliki bentuk yang cukup unik jika kamu lihat di sisi candi. Bagian atas candi tidak lagi utuh, menurut warga sekitar candi ini pernah tersambar petir yang membuat bagian atas candi terpotong. Tidak ada tiket untuk masuk di tempat ini alias gratis, tapi kamu bisa donasi melalui kotak sumbangan.

itulah beberapa tempat wisata gratis di malang yang di rekomendasikan untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Gambar Gravatar
Wisatagaul.com memberikan ulasan terupdate seputar dunia wisata dan destinasi traveling paling keren di Indonesia dan Dunia. Temukan destinasi wisata idamanmu disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *